Skip to content

Penulisan Ilmiah (PI)

PROSES PENGAJUAN PENANDATANGANAN “KETUA PROGRAM STUDI & STAMPEL TEKNIK INDUSTRI"

Mahasiwa PI/SKRIPSI yang akan meminta tanda tangan Ketua Prodi Teknik Industri
a. Membawa 3 lembar (Cover, Pengesahan & Kata Pengantar), sesuai arahan Bag.PI/TA
b. Mengisi Data dan Meng-upload Soft File PI/SKRIPSI melalui: https://bit.ly/FormBerkasPI_CDP_TA
c. Membawa bukti upload digform setelah mengisi form poin b (discreenschot dan diprint)
d. Penyerahan berkas (a+c) menggunakan map bening dan disimpan di rak coklat ruang jurusan D421
e. Memeriksa secara berkala untuk berkas yang sudah di tandatangan Kaprodi & Stampel

PENGUMUMAN TERBARU PER 1 SEPTEMBER 2025 DARI BAGIAN SIDANG PI.

1. Untuk hasil sidang dapat dilihat pada StudentSite masing-masing
2. CATATAN PERBAIKAN/REVISI langsung didownload pada Studentsite di Menu Akademik_sidang_ syarat… Kemudian disimpan pada Google Drive atau perangkat simpan lainnya. Jangan sampai hilang, hingga saatnya ijazah keluar.
3. Kelalaian dalam menyimpan bukan tanggung jawab Bagian Sidang PI.
4. Untuk keperluan Revisi pasca Sidang, peserta membawa 3 file Catatan Perbaikan dari 3 dosen penguji (lebih baik print out) untuk dikonsultasikan dengan dosen penguji (yang nama dan kontaknya tercantum pada Lembar Catatan Perbaikan)
5. Revisi HARUS SELESAI paling lambat 2 minggu dari waktu sidang.
6. Setelah revisi dinyatakan selesai, dosen penguji akan memvalidasi pada web akademik.
7. Setelah itu peserta download dan cetak (print out) surat Acc revisi yang telah divalidasi tersebut melalui studensite masing-masing, untuk keperluan minta tanda tangan pada Lembar Pengesahan.


Lembar Pengesahan ditandatangani oleh 3 pihak terkait, yaitu (harus sesuai urutan di bawah):
1. Dosen Pembimbing PI
2. Ketua Program Studi
3. Kepala Subbagian Sidang PI FTI


Untuk menjadi PERHATIAN, mulai 1 September 2025 ada perubahan pada beberapa hal berikut:
1. Halaman COVER: kata “Jurusan” diganti dengan “Program Studi”
2. Halaman LEMBAR PENGESAHAN:
* penulisan “Ketua Jurusan …” diganti menjadi “Ketua Program Studi…..” (sesuai Jurusan)
* penulisan “Kasubbag PI” atau “Koordinator PI” atau sebagainya, diganti menjadi “Kepala Subbagian Sidang PI”

3. Lokasi loket untuk tanda tangan Kepala Subbagian Sidang PI FTI berada di Kampus D Gedung 6 Lantai 2 (Loket Pelayanan Administrasi)
4. Mahasiswa tidak lagi membawa hardcover PI ke loket. Berkas yang harus dibawa ke loket adalah 3 halaman penting pada PI (yang nantinya disisipkan saat upload PI ke perpustakaan), yaitu:
* Halaman COVER
* Halaman LEMBAR PENGESAHAN
* Halaman KATA PENGANTAR

DAN..

– SURAT REVISI yang sudah divalidasi / di ACC revisi oleh dosen revisi.

Ctt :
Berkas dijadikan 1 dalam map putih transparant, yg diberikan label berwarna biru (warna bendera FTI) dan diberi NAMA.

** Template ketiga halaman tersebut dapat diunduh pada tautan berikut:
https://drive.google.com/drive/folders/1vVStWqJqrEQTklQOl5rI96QffL8kBAhs


Harap catatan ini disimpan di Note/diberi bintang agar tidak lupa dan bertanya-tanya ke depannya.
Semoga lancar dan sukses selalu.

Sekian dan terima kasih

Panduan Penulisan Ilmiah