Skip to content

Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi Teknik Industri adalah sebagai berikut:

CPL ke

Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi

SN Dikti

1

Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan matematika, ilmu alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk memperoleh pemahaman menyeluruh dari prinsip-prinsip keteknikindustrian

KU(a), KU(c)

2

Kemampuan untuk merancang sistem terintegrasi dengan memenuhi standar yang diperlukan dan berbagai batasan multi aspek yang realistis (misal: teknis, aspek hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan), serta melibatkan berbagai pemangku kepentingan, dan mengidentifikasi dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan pandangan global di bidang teknik industri

KU(a), KU(c), KU(e)

 

 

3

Kemampuan untuk merancang dan melakukan ekperimen laboratorium dan/atau lapangan dan menganalisis dan menerjemahkan data untuk mendukung proses pengambilan keputusan keteknikindustrian

KU(c), KU(e), KU(i)

 

 

4

Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan kompleks di bidang teknik industri

KU(c)

5

Kemampuan untuk menerapkan metode, keterampilan, dan peralatan teknik modern yang diperlukan dalam praktik keteknikindustrian

KU(a)

6

Kemampuan untuk berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif

KU(d), KU(f), KU(g), KU(i)

7

Kemampuan untuk merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas dengan memperhatikan batasan yang diberikan

S(g), S(i), S(j), KU(b)

8

Kemampuan untuk bekerja dalam tim multidispilin dan multibudaya

S(f), KU(f), KU(g), KU(h)

9

Kemampuan untuk bertanggungjawab kepada masyarakat, akuntabel dan menjalankan etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan keteknikindustrian

S(a), S(b), S(c), S(d), S(f), S(g), S(h), S(i), KU(g)

10

Kemampuan untuk terlibat dalam pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan yang relevan dari isu-isu terkini

S(j), KU(h)

11

Mampu beradaptasi dan mensejajarkan diri pada jejaring baik lokal maupun global.

S(f), S(j), KU(h)

   

CPL tersebut terealisasi pada Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) yang bertujuan memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus.