Capaian Pembelajaran Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi Informatika adalah sebagai berikut :

Kode CPL

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

CPL 1 Kemampuan memahami konsep sains yang mendukung analisis, metode dan teknik komputasi paralel yang terdistribusi dalam pengembangan produk perangkat lunak teknologi informasi untuk sistem dengan kompleksitas komputasi yang menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif.
CPL 2 Kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, merancang dan mendapatkan solusi dengan komputasi serta mengkombinasikan berbagai prosedur teknis rekayasa teknologi Informatika secara tepat, menyeluruh dan optimal.
CPL 3 Kemampuan memahami implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan dan desain.
CPL 4 Kemampuan merancang, membangun dan mengimplementasikan produk teknologi informasi termasuk mengelola keamanan data dan sistem untuk menyelesaikan masalah dan mendukung efisiensi organisasi.
CPL 5 Kemampuan merancang algoritma yang efisien dan efektif serta mengimplementasikannya dengan bahasa pemrograman dan teknologi Informatika dalam membangun sistem komputasi berbasis desktop, web dan mobile.
CPL 6 Kemampuan membangun perencanaan, perancangan, penerapan, pengujian dan pemeliharaan sistem perangkat lunak yang berorientasi pada pemrosesan data besar.
CPL 7 Kemampuan merancang dan mengelola sistem jaringan komputer yang efisien dan aman pada sebuah organisasi.
CPL 8 Kemampuan membuat pemodelan data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data termasuk produk multimedia berbasis grafika computer dan computer vision.
CPL 9 Kemampuan menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dengan memahami konsep sistem cerdas yang mencakup kecerdasan buatan, machine learning, fuzzy logic, deep learning dan data analyst.
CPL 10 Kemampuan memahami konsep dasar bidang ilmu komputer, perekayasaan dan teknologi informasi yang ditunjukkan dengan tanggung jawab terhadap pekerjaan dan kewirausahaan serta menjunjung tinggi hukum, etika dan moral.
CPL 11 Kemampuan memahami konsep legal aspek dan budaya dalam perkembangan dan penerapan teknologi informasi pada masyarakat dengan media yang relevan.
CPL 12 Kemampuan berkomunikasi secara efektif, memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
CPL 13 Kemampuan bekerja-sama secara efektif dalam penelitian multidisiplin dan transdisiplin, menjadi pemimpin dalam kegiatan penelitian dan bidang keprofesian teknologi informatika dengan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
CPL 14 Kemampuan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
CPL 15 Kemampuan mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi serta melibatkan diri dalam proses belajar terus-menerus sepanjang hidup.

 

Capaian Pembelajaran Informatika terkait Sikap adalah sebagai berikut :

Kode CP

Capaian Pembelajaran (CP)

S-1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
S-2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
S-3 Dapat berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
S-4 Dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila.
S-5 Dapat bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S-6 Dapat menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
S-7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara khususnya dalam penggunaan, pengembangan, dan penciptaan produk teknologi informasi
S-8 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S-9 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
S-10 Menginternalisasi semangat, kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
S-11 Memiliki profesionalisme kerja yang baik, mampu beradaptasi dengan lingkungan secara cepat serta mampu bekerjasama secara kelompok.

 

Capaian Pembelajaran Informatika terkait Pengetahuan adalah sebagai berikut :

Kode CP Capaian Pembelajaran (CP)
P-1 Memahami konsep pemodelan matematika, program linear, ilmu probabilita dan statistik, serta metode numeric dalam melakukan analisis dan desain sistem komputasi.
P-2 Memahami konsep analisis algoritma dan bahasa pemrograman dalam merancang sistem berbasis komputer.
P-3 Memahami konsep arsitektur komputer, termasuk perangkat keras komputer dan jaringan computer serta system keamanan komputer.
P-4 Memahami konsep basis data termasuk manajemen dan keamanan data.
P-5 Memahami konsep rekayasa perangkat lunak dan keamanan perangkat lunak.
P-6 Memahami konsep sistem cerdas yang mencakup kecerdasan buatan, machine learning, fuzzy logic, deep learning dan data science.
P-7 Memahami konsep grafika computer, computer vision dan system multimedia.
P-8 Memahami konsep interaksi manusia dan komputer dalam proses rekayasa perangkat lunak.
P-9 Memahami konsep, metode dan teknik komputasi parallel dan terdistribusi dalam pengembangan produk perangkat lunak teknologi informasi untuk system dengan kompleksitas komputasi yang skalabilitas.
P-10 Memahami konsep legal aspek dan budaya serta dampak penerapan teknologi informasi pada masyarakat.
P-11 Memahami perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informatika saat ini dan masa depan.

 

Capaian Pembelajaran Informatika terkait Keterampilan Umum adalah sebagai berikut :

Kode CP Capaian Pembelajaran (CP)
KU-1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
KU-2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
KU-3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
KU-4 Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU-5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU-6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KU-7 Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
KU-8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
KU-9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Capaian Pembelajaran Informatika terkait Keterampilan Khusus adalah sebagai berikut :

Kode CP Capaian Pembelajaran (CP)
KK-1 Mampu menerapkan matematika dan ilmu dasar lainnya dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang informatika.
KK-2 Mampu menerapkan kerja kelompok dan komunikasi yang bermutu dan efisien dalam rekayasa dan pengembangan produk TIK.
KK-3 Mampu mengimplementasikan konsep berfikir logis dan sistematis dalam mengidentifikasi, menganalisis dan mendapatkan solusi permasalahan terkait bidang informatika dalam lingkup luas dan dinamis dengan mengkombinasikan berbagai prosedur teknis rekayasa teknologi Informatika secara tepat, menyeluruh dan optimal.
KK-4 Mampu merancang algoritma yang efisien dan efektif serta mengimplementasikannya dengan bahasa pemrograman dan teknologi informatika dalam membangun sistem komputasi berbasis desktop, web dan mobile.
KK-5 Mampu membangun perangkat lunak sesuai metode rekayasa perangkat lunak yang mencakup perencanaan, perancangan, penerapan, pengujian dan pemeliharaan system perangkat lunak dan berorientasi pada pemrosesan data besar.
KK-6 Mampu merancang dan mengimplementasikan produk teknologi Informatika yang memenuhi aspek keamanan, keselamatan dan kesehatan pengguna.
KK-7 Mampu membuat program dengan metode pemrograman prosedural dan berorientasi objek dalam rekayasa perangkat lunak.
KK-8 Mampu membuat pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengolahan dan pengorganisasian data besar dan penjaminan keamanan akses data.
KK-9 Mampu mengimplementasikan sistem cerdas dan representasi pengetahuan dan data science termasuk mekanisme penalarannya dalam pengembangan aplikasi berbasis komputer untuk menyelesaikan masalah terkait.
KK-10 Mampu membuat produk multimedia berbasis grafika komputer dan computer vision.
KK-11 Mampu merancang sistem jaringan komputer yang efisen dan aman pada sebuah organisasi.
KK-12 Mampu mengelola dan mengamankan sumber daya komputasi, data,  dan sistem jaringan komputer yang medukung sistem komputasi skalabilitas.