Profil Program Studi Teknik Mesin


Program Studi S-1 Teknik Mesin merupakan satu program yang diselengarakan oleh Jurusan Teknik Mesin di lingkungan Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma. Program ini ditetapkan oleh SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 92/Dikti/Kep./1996 tanggal 3 April 1996. Program Studi Teknik Mesin terakreditasi dengan Peringkat Akreditasi A (Baik sekali) berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 2366/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016 tanggal 20 Oktober 2016. Kurikulum disusun berdasarkan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi, berpedoman pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Presiden No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Peraturan Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Pedoman Pengembangan Kurikulum Fakultas Teknologi Industri yang telah disahkan dengan SK Rektor No. 625.3/SK/REK/UG/ 2015, Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2016, Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, dan Buku Kurikulum Program Studi S1 Teknik Mesin Tahun 2016-2021 serta merujuk kurikulum yang dikembangkan oleh Badan Kerja Sama Teknik Mesin Indonesia yaitu Kurikulum Inti Program Sarjana Teknik Mesin Indonesia yang diterbitkan Tahun 2010 dan Penyempurnaan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Ilmu Teknik Mesin yang diterbitkan Tahun 2014. Program Studi Teknik Mesin Universitas Gunadarma memiliki peminatan teknik mesin umum yang memuat bidang keahlian Material dan Manufaktur, Konversi Energi, Desain dan Mekanika, serta Mekatronika dan Otomasi Industri.

Program Studi Teknik Mesin juga memberikan pembekalan kepada mahasiswa untuk memiliki daya saing yang tinggi dengan mengikuti kursus pembekalan keahlian yang dilengkapi sertifikat dalam pengembangan desain yaitu AutoCAD, CATIA, Solidworks dan Inventor, pengembangan rapid prototyping yaitu Computer Numerical Control (CNC) dan 3D Printing, sistem kontrol yaitu Programmable Logic Controller (PLC). Pembekalan juga dilengkapi dengan Workshop ISO 14001, Sequence Control Mechanic (SCM), VRV Express and Heat Load Calculation, Optimasi Perpindahan Panas. Sertifikasi Keahlian dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui ujian sertifikasi keahlian yang dilaksanakan di Lembaga Sertifikasi Profesi Gunadarma untuk skema cluster Otomasi Industri yang merujuk pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. 631 Tahun 2016 terkait keahlian bidang teknik mesin yaitu Perancangan Peralatan dan Sistem Kelistrikan, Elektronik, Pneumatik dan Hidrolik, Perancangan Penepat Mekanik (JIG) dan CNC, Perancangan Sistem PLC, Perancangan System Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA) dan Perancangan Sistem Otomasi Industri.

Program Studi Teknik Mesin juga menjalin kerjasama dengan institusi lain untuk meningkatkan daya serap lulusan ke dunia kerja seperti: Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Pemerintah Kota Depok dalam Pengembangan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Penelitian dan tugas akhir mahasiswa dengan LIPI, BATAN dan Puspiptek, Universitas Indonesia, Universitas Sriwijaya, beberapa perusahaan sebagai tempat penelitian dan kerja praktek mahasiswa PT Dirgantara Indonesia, PT Krakatau Steel, PT PINDAD serta instansi dalam negeri lainnya. Kerjasama juga dibentuk untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di Program Studi Teknik Mesin, yaitu kerjasama dengan University of Burgundy Perancis, Gyeonggi College of Science and Technology Korea Selatan serta perguruan tinggi luar negeri lainnya.

 

Profil Profesional Mandiri Program Studi Teknik Mesin

Profil Profesional Mandiri

(PPM)

Deskripsi

Profil Profesional Mandiri

PPM 1

(Engineer)

Memiliki kemampuan menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mengatasi permasalahan dan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah berdasarkan hasil analisis informasi dan data di bidang keahlian Material dan Manufaktur, Konversi Energi, Desain dan Mekanika, Mekatronika dan Otomasi Industri, berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

PPM 2

(Desainer)

Memiliki kemampuan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi, menghasilkan desain atau kritik seni serta mengenali kebutuhan yang sesuai dengan bidang keahlian Material dan Manufaktur, Konversi Energi, Desain dan Mekanika, Mekatronika dan Otomasi Industri, berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

PPM 3

(Peneliti)

Memiliki kemampuan menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, terukur, mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup sesuai dengan keahlian Material dan Manufaktur, Konversi Energi, Desain dan Mekanika, Mekatronika dan Otomasi Industri, berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

PPM 4

(Konsultan)

Memiliki integritas kepribadian yang tinggi, terbuka dan tanggap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan masalah yang dihadapi masyarakat dengan memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora khususnya pada keahlian Material & Manufaktur, Konversi Energi, Desain & Mekanika, Mekatronika dan Otomasi Industri.

PPM 5

(Technopreneur)

Memiliki kemampuan beradaptasi, bekerja sama, mengembangkan jejaring, berpikir kreatif, berkreasi, berkontribusi, berinovasi dan berjiwa technopreneur dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada kehidupan bermasyarakat serta mampu berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global.