Tujuan Program Studi Teknik Mesin

 

Berdasarkan Visi dan Misi yang ditetapkan, maka Tujuan Program Studi Teknik Mesin adalah 

1. Menghasilkan lulusan :

a. Memiliki kemampuan bidang Teknik Mesin yang tanggap terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta masalah yang dihadapi masyarakat secara holistik (menyeluruh) dan integratif (terpadu), khususnya pada keahlian Material dan Manufaktur, Konversi Energi, Desain dan Mekanika, serta Mekatronika dan Otomasi Industri, yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

b. Memiliki kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan teknologi di bidang teknik mesin sesuai dengan bidang keahliannya dalam memasuki dunia kerja dan memungkinkan mengikuti studi lanjut.

c. Memiliki kemampuan menguasai dasar ilmiah, filosofi ilmu pengetahuan serta metodologi bidang keahlian Teknik Mesin sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam kawasan keahliannya.

d. Memiliki kemampuan mengkombinasikan pengetahuan dasar dan prinsip keteknikan dengan teknik modern untuk menyelesaikan masalah realistik tidak terstruktur yang muncul dalam penerapan bidang ilmu teknik mesin pada kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.

e. Memiliki kemampuan mendesain dan mengembangkan produk proses atau sistem yang bermanfaat bagi masyarakat.

f. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan efektif, memiliki etika bermasyarakat dan selalu berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

g. Memiliki kemampuan bekerjasama dalam kelompok yang bersifat multidisiplin, baik dalam peran sebagai pemimpin maupun anggota kelompok.

h. Memiliki kemampuan menguasai teknologi informasi dan komputerisasi, mengikuti perkembangan teknologi dan melakukan inovasi.

 

2. Menghasilkan penelitian dalam Bidang Ilmu Teknik Mesin yang mampu memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat.

3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan bidang Teknik Mesin di masyarakat sebagai bentuk peran aktif dalam meningkatan daya saing bangsa

 

Sasaran Program Studi Teknik Mesin

Berdasarkan Visi dan Misi yang ditetapkan, maka Sasaran Program Studi Teknik Mesin adalah:

Dalam Bidang Pendidikan

Menghasilkan lulusan yang :

1. Menguasai ilmu dasar dan terapan dalam pengembangan aplikasi praktis di bidang Teknik Mesin khususnya Material dan Manufaktur, Konversi Energi, Desain dan Mekanika serta Mekatronika dan Otomasi Industri;

2. Mampu memformulasikan dan menganalisis permasalahan serta mengembangkan suatu sistem penyelesaian yang menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang teknik mesin;

3. Memiliki rasa tanggung jawab dalam lingkungan masyarakat dan peka terhadap perubahan;

4. Mampu berkomunikasi dengan efektif, salah satunya adalah penguasaan Bahasa Inggris, berfikir inovatif, memiliki etika profesi dalam bermasyarakat dan selalu berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat;

5. Memiliki sifat kompetitif dan berkarakter serta berorientasi global.

 

Dalam Bidang Penelitian

Mampu menghasilkan penelitian bidang Teknik Mesin bertaraf nasional dan Internasional yang bermutu dan mendorong pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, pembelajaran, serta bermanfaat bagi masyarakat Indonesia maupun global.

 

Dalam Bidang Pengabdian kepada Masyarakat

Menyelenggarakan kegiatan seminar, pelatihan, pengembangan dan pembuatan model, dan bentuk lainnya, serta menjalin kerjasama dengan pihak lain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia maupun global.