Laboratorium Program Studi Teknik Mesin

 

Penyelenggaraan Praktikum untuk mahasiswa Program Studi Teknik Mesin dilakukan tidak hanya pada laboratorium di Program Studi Teknik Mesin, tetapi juga dilakukan pada Program Studi lain di lingkungan Universitas Gunadarma, yaitu Laboratorium Fisika Dasar, Integrated Laboratorium Komputer (I-Lab), Laboratorium Teknik Elektro. Selain praktikum yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa diselenggarakan juga workshop dan kursus sebagai syarat kelulusan. Penyelenggaraan workshop dan kursus tersebut berbasis komputer dan dilaksanakan di Lembaga Pengembangan Fakultas Teknologi Industri (LePTek).

 

1.Laboratorium Teknik Mesin Dasar

No.

Jenis Praktikum

Sifat

Waktu Pelaksanaan

1.

Praktikum Proses Produksi 1

 SKS

PTA

2.

Praktikum Proses Produksi 2

 SKS

ATA

 

2.Laboratorium Teknik Mesin Menengah 

No.

Jenis Praktikum

Sifat

Waktu Pelaksanaan

1.

Praktikum Fenomena Dasar Mesin

 SKS

PTA

2.

Praktikum Prestasi Mesin

 SKS

ATA

3.

Praktikum Mekatronika

SKS

ATA

 

3.Laboratorium Teknik Mesin Lanjut 

No.

Jenis Praktikum

Sifat

Waktu Pelaksanaan

1.

Praktikum Menggambar Mesin

SKS

ATA

2.

Praktikum Material Teknik

SKS

PTA

3.

Praktikum Pembentukan Material

SKS

ATA

 

Pelaksanaan Praktikum Program Studi Teknik Mesin dilaksanakan di laboratorium :

1. Laboratorium Fisika Dasar

Laboratorium ini disediakan untuk seluruh mahasiswa teknik, termasuk mahasiswa Program Studi Teknik Mesin untuk melakukan praktikum Fisika Dasar. Sebagai syarat yang harus dipenuhi oleh mahasiswa Teknik Mesin. Praktikum Fisika Dasar tersebut adalah Praktikum Fisika Dasar 1 pada semester 1 dan Praktikum Fisika Dasar 2 pada semester 2.

 

2.Laboratorium Komputer

Sesuai dengan Misi Program Studi  Teknik Mesin yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi maka Universitas Gunadarma telah menyiapkan fasilitas laboratorium komputer di Program Studi Teknik Informatika. Praktikum yang harus diikuti adalah Praktikum Dasar Komputer dan Pemrograman 1 pada semester 1 dan Praktikum Dasar Komputer dan Pemrograman 2 pada semester 2. Kedua praktikum diharapkan menjadi dasar yang kuat untuk mata kuliah/praktikum lanjut pada semester selanjutnya terutama mata kuliah di Program Studi Teknik Mesin yang berhubungan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

 

3.Laboratorium Teknik Mesin

Sesuai dengan arah pengembangan Program Studi Teknik Mesin Universitas Gunadarma, maka digunakan tiga laboratorium utama, yaitu Laboratorium Mesin Dasar, Laboratorium Mesin Menengah dan Laboratorium Mesin Lanjut telah disiapkan.

a. Laboratorium Teknik Mesin Dasar

Laboratorium Teknik Mesin Dasar menyelengarakan Praktikum Proses Produksi 1 dan 2. Peralatan yang ada pada laboratorium ini adalah 6 unit mesin bubut, 1 unit mesin horizontal bor/milling, 1 unit mesin sekrap, 1 unit mesin bor vertical, 4 buah gerinda, 1 unit mesin las listrik, 1 unit las argon, 1 unit las asetilin, 1 unit mesin bor meja dan 1 unit compressor, mesin uji tarik. Selain itu, untuk kegiatan penelitian menggunakan Computer Numerical Control (CNC), laboratorium ini mempunyai 1 unit mesin milling CNC.

 

b. Laboratorium Teknik Mesin Menengah

Laboratorium Teknik Mesin Menengah menyelenggarakan Praktikum Prestasi Mesin, Praktikum Fenomena Dasar Mesin dan Praktikum Mekatronika. Pada saat ini untuk Praktikum Fenomena Dasar Mesin dan Praktikum Prestasi Mesin mempunyai peralatan yaitu 1 set peralatan pompa sentrifugal, 1 set peralatan pompa seri dan parallel, 1 set peralatan pneumatik, 1 set peralatan hidrolik, 1 set peralatan elektro-hidrolik 1 set peralatan elektro-pneumatik, 1 set peralatan turbin Pelton, 1 set peralatan turbin crossflow, 1 set peralatan gesekan pipa pada aliran turbulen dan laminar (pressure drop), 1 set perangkat perpindahan kalor, 1 set perangkat getaran mekanik, 3 set mesin pendingin, 1 unit compressor, 1 unit motor bakar bensin, 1 unit motor bakar diesel. Praktikum Mekatronika mempunyai 10 buah perangkat Programmable Logic Control (PLC), prototipe konveyor berbasis PLC  dan 6 set mesin Handling Station yang dikontrol oleh sistem elektropneumatik dan Programmable Logic Control (PLC) untuk station buffer, processing, pengujian, sorting, distribution dan pengangkat yang dimodifikasi dengan PLC Omron dilengkapi software CX Programme 9 dan dilengkapi mikrokontroler.

 

c. Laboratorium Teknik Mesin Lanjut

Laboratorium Teknik Mesin Lanjut menyelenggarakan Praktikum Material Teknik dan Praktikum Pembentukan Material dan Laboratorium Gambar Teknik digunakan untuk mata kuliah Mengambar Teknik, Mengambar Mesin dan Praktikum Mengambar Mesin. Peralatan yang tersedia adalah 55 unit komputer dengan spesifikasi yang sesuai dengan software Solidworks, Inventor dan Catia; 2 buah plotter A0,1 buah CDROM writer , Printer 3D Solido SD300, beberapa Printer 3D terbaru, Infocus DLP. Untuk Praktikum Material Teknik dan Praktikum Pembentukan Material, peralatan yang disediakan berupa, 1 unit mesin uji tarik, 2 buah tungku peleburan aluminium, 1 buah tungku mupple, 1 unit mesin poles, 1 buah mikroskop optik dan 1 unit uji kekerasan, mesin uji impact. 

 

4. Laboratorium Teknik Elektro

Praktikum Teknik Tenaga Listrik merupakan praktikum yang wajib dilakukan oleh mahasiswa Teknik Mesin Universitas Gunadarma. Penyelenggaraan praktikum tersebut di Laboratorium di Program Studi Teknik Elektro.

 

Lembaga Pengembangan Teknik Fakultas Teknologi Industri

Program Studi Teknik Mesin melaksanakan pembekalan dan pelatihan dengan mengadakan Kursus dan Workshop dalam naungan Lembaga Pengembangan Teknik. Lembaga Pengembangan ini menyelenggarakan 4 buah Workshop yaitu ISO 14001, Sequence Control Mechanic (SCM), VRV Express and Heat Load Calculation, Optimasi Perpindahan Panas, serta 7 Kursus yaitu AUTOCAD, INVENTOR, CATIA, SOLIDWORKS, Programmable Logic Controller (PLC), Rapid Prototyping 3D Printing, Computer Numerical Control (CNC). Saat ini sedang dikembangkan perangkat materi uji kompetensi untuk Skema Sertifikasi Otomasi Industri.