KEWIRAUSAHAAN TERHADAP USAHA AYAM GEPREK “CHICKEN GEPREK (CHIPREK)”

ULASAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP USAHA AYAM GEPREK

‘CHICKEN GEPREK (CHIPREK)’

1. Pendapat Anggota Kelompok tentang Kewirausahaan

Dea Jatnika Sya’bani

Kewirausahaan merupakan suatu proses mengidentifikasi, mengembangkan serta mewujudkan visi-visi berupa ide-ide, inovasi serta peluang ke dalam bentuk badan usaha yang diharapkan mampu mendatangkan keuntungan bagi pendiri usaha tersebut.

Gustaf Sonny Tentua

Kewirausahaan merupakan hal yang harus dimiliki oleh mahasiswa untuk membantu berbagai jenis bidang perekonomian yang ada di lingkungan sekitar.

Muhammad Bagus Rakha

Kewirausahaan merupakan persoalan penting dalam suatu bangsa.

Muhammad Fauzan Akbar

Kewirausahaan merupakan suatu kegiatan dimana seseorang atau sekelompok orang yang memiliki tujuan yang sama memiliki suatu lapangan pekerjaan atau instalasi usaha dengan ide-ide yang akan menjadi nilai jual atau nilai tambah dari usaha tersebut.

Syalda Rachmahara Jenned

Kewirausahaa merupakan salah satu bentuk disiplin yang betujuan untuk bertahan hidup dengan mengambil seluruh resiko yang dapat terjadi, kemudian wirausahaan merupakan seseorang yang melakukan sesuatu atau suatu usaha untuk mensejahterakan dirinya sendiri dan lingkungannya dengan resiko yang akan dihadapinya. Seorang wirausahaan sebaiknya memiliki sifat positif, percaya diri, tidak takut untuk gagal atau putus asa, memiliki jiwa pemimpin, memiliki kreatifitas dan inovasi yang tinggi, jujur, bijaksana, dan adil.

  • Pendapat pelanggan tentang Ayam Chiprek

Ayam Chiprek beda dengan usaha kuliner lain karena menggunakan ayam goreng tepung

  • ‘ayam mandiri’ karena melayani diri sendiri mulai dari mengambil nasi, memilih ayamnya, dan yang paling disukai yaitu bisa memilih banyaknya sambal yang diinginkan. Pelayanannya baik dengan pelayan yang ramah sehingga membuat betah untuk makan di Ayam Chiprek.
  • Enak, tempatnya nyaman, harganya terjangkau
  • Rasanya lumayan seperti kuliner ayam pada umumnya, hal yang membuatnya mungkin spesial karena harganya lebih murah, porsinya dapat disesuaikan sesuai selera. Ayamnya lebih besar dan lebih renyah karena memakai tepung. Proses peremukkannya juga langsung dari satu potongan ayam utuh, tidak disuwir terlebih dahulu.
  • Hal yang membedakan Ayam Chiprek dengan usaha kuliner yang sama?

Pelanggan dapat memilih banyaknya sambal yang diinginkan serta menggunakan ayam goreng tepung, bukan sekedar ayam goreng bumbu

  • Bagaimana pendapat tentang harga Ayam Chiprek?

Harganya merakyat, cocok untuk anak kosan

  • Dari mana anda mengetahui adanya usaha Ayam Chiprek?

Berdasarkan rekomendasi teman

  • Kelebihan Ayam Chiprek dibandingkan dengan usaha kuliner yang sama?

Lebih enak gurih, renyah, dan tepungnya lebih tebal. Harganya lebih murah dan lebih terjangkau.

2. Wawancara terhadap Pemilik Usaha (Arif Imam, fresh graduate di Solo (21) dan Wirdani Annisa, teller Bank Mandiri,           kuliah di Universitas Diponegoro Semarang (22))

  • Siapa pendiri Ayam Chiprek?

Awalnya didirikan oleh empat orang yang saling berteman (Firda, Radix(?), Afiyah Mina Ahadiyyah, Busana Apparel Group PT Unggaran Sari Garment (22), dan Arif Hidayat, mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI, pernah menjual sosis bakar pada acara acara tertentu (23))

  • Latar belakang pendirian usaha Ayam Chiprek

Tempat kuliah Radix Imam di Solo banyak mendirikan usaha serupa dengan harga yang sangat murah sehingga ia ingin menerapkannya juga di Jakarta, tempat makan yang murah dan mengenyangkan. Lokasi tempat usaha Ayam Chiprek yang berada di sekitar kampus Universitas Indonesia dan Universitas Gunadarma dan tempat tinggal mahasiswa belum terdapat usaha ayam geprek menjadi peuang besar bagi pendiri untuk membuka usaha Ayam Chiprek.

  • Siapa target pasar dalam mendirikan usaha Ayam Chiprek?

Potensi paling besar yaitu kepada mahasiswa namun hal itu tidak menutup kemungkinan bagi warga sekitar yang tertarik untuk membeli.

  • Kenapa memilih usaha Ayam Chiprek?

Arif Imam menyukai ayam geprek sejak mengkonsumsinya di tempat ia berkuliah.

  • Apa arti dari kata Chiprek pada Ayam Chiprek?

Chicken (ayam) Geprek

  • Dimana bahan baku Ayam Chiprek dibeli?

Bahan baku dibeli di Pasar Palsigunung, Pasar Kemiri, serta Pasar Swalayan G di Mall M

  • Bagaimana proses pembuatan Ayam Chiprek?

Ayam yang baru dipotong langsung dibersihkan kemudian diberi bumbu, dibekukan, singkat cerita, setelah ayamnya matang kemudian ayam diremukkan dan diberi sambal dengan jumlah cabai rawit sesukanya.

  • Bagaimana cara pemasaran usaha Ayam Chiprek?

Menggunakan jejaring sosial I (@chiprek_), meminta teman untuk mempromosikan usaha Ayam Chiprek, mengajak pelanggan untuk menginformasikan kepada teman-temanya tentang usaha Ayam Chiprek melalui obrolan,

  • Apa kendala dalam mendirikan usaha Ayam Chiprek?

Usaha yang masih tergolong baru karena baru beroperasi selama kurang lebih lima bulan. Pada hari besar seperti tahun baru membuat harga bahan baku pokok meningkat terutama pada harga cabai dan beras yang menjadi andalan usaha Ayam Chiprek karena Ayam Chiprek membebaskan pelanggan untuk memilih besar porsi serta jumlah cabai yang diinginkan

  • Bagaimana respon pelanggan terhadap Ayam Chiprek

Respon yang didapatkan baik. Pendiri usaha yang juga pernah menjadi mahasiswa mengetahui bahwa mahasiswa senang apabila dapat makan dengan sepuasnya sesuai dengan tujuan didirikannya usaha Ayam Chiprek yaitu untuk memuaskan pelanggan.

  • Apa suka duka selama mendirikan usaha Ayam Chiprek?

Pada awal berdirinya usaha, pendiri usaha harus menghabiskan sebagian besar waktu untuk usaha Ayam Chiprek

  • Apa harapan kedepannya untuk usaha Ayam Chiprek?

Dapat mengalahkan usaha pesaing B, banyak pesanan dari ojek online, memiliki banyak cabang, tetap dapat memberikan pelayanan dan rasa Ayam Chiprek yang terbaik kepada pelanggan. Dalam waktu dekat, Ayam Chiprek akan mendirikan cabang di lokasi sekitar.

  • Apa saja menu pada usaha Ayam Chiprek?

Saat ini masih berfokus pada ayam geprek, namun kedepannya ingin menambahkan mie ayam, mie goreng, namun masih dengan ayam chiprek sebagai sajian utama

3. Prosedur Pelayanan pada Usaha

Usaha Ayam Geprek Chiprek menerapkan sistem self service pada pelayanannnya. Pelanggan dapat langsung mengambil sendiri wadah berupa styrofoam yang dilapisi kertas nasi untuk pesanan dibungkus atau piring anyaman bamboo yang juga dilapisi kertas nasi untuk makan di tempat. Pelanggan kemudian dapat mengambil nasi yang jumlahnya tidak dibatasi kemudian dapat mengambil sendiri potongan ayam goreng tepung serta timun yang diinginkan. Pelanggan kemudian menyebutkan jumlah  cabai rawit yang diinginkan serta penyajian sambalnya, ingin dimasak atau mentah kemudian menyerahkan ayam goreng tepung tersebut kepada pelayan untuk diremukkan atau istilah populernya digeprek bersama dengan cabai rawit serta bumbu lainnya. Harga satu porsi ayam geprek yaitu sebesar Rp12,000,00.

Post Your Thoughts


9 × dua =