Be a Leader By Mr. Ridwan (AYAM MROTHOL)

Pemimpin memang sudah menjadi takdir bagi setiap individu. Tuhan menciptakan setiap individu di muka bumi sebagai khalifah atau pemimpin. Pemimpin bukan hanya sekedar presiden atau ketua himpunan, memimpin diri sendiri pun dapat dikatakan sebagai pemimpin. Lalu, apa itu pemimpin? “Pemimpin merupakan seseorang yang dapat membangun cita-cita, mengarahkan team, memberi contoh, dan mengevaluasi apa yang telah dikerjakan” ujar pak Ridwan.

Setiap pemimpin pasti memiliki cara ataupun metode tersendiri dalam menjadi pemimpin. Bagi pak Ridwan sendiri, menjadi pemimpin itu dapat memberikan contoh yang baik bagi orang-orang sekitar entah bagi karyawan maupun rekan kerjanya. Sebagai pemimpin juga harus memiliki sikap berani, baik berani dalam memberikan ide-ide baru untuk kemajuan perusahaan maupun berani dalam mengambil keputusan.

Pemimpin yang baik pasti memiliki kriteria-kriteria sebagai pemimpin. Kriteria pemimpin yang baik menurut pak Ridwan adalah pemimpin yang jujur dan tegas, baik secara tingkah laku dan perkataan. Pemimpin yang baik juga harus menjadi problem solving atau dapat membantu mencarikan solusi untuk pemiliki masalah, bukan malah menjadi pemimpin yang penyebab masalah. Terakhir, pemimpin yang berbaur dengan bawahan maupun rekan kerja.

Komunikasi merupakan hal yang paling penting untuk membangun organisasi. Karena, komunikasi dapat menjembatani apa yang diinginkan A kepada B. Setiap pemimpin pastinya memiliki cara tersendiri untuk dapat berkomunikasi dengan bawahannya. Komunikasi yang pak Ridwan lakukan adalah komunikasi dua arah. Komunikasi dua arah yaitu komunikasi yang bersifat tidak hanya memberikan instruksi saja kepada bawahan, tapi sebagai atasan juga dapat melakukannya. Dan juga dapat menggali ide-ide dari team yang ada, sehingga target yang dicita-citakan dapat dengan mudah untuk dicapai. Komunikasi yang baik juga dapat dibangun dengan melakukan berbagai pendekatan seperti mengadakan briefing harian dengan team yang ada baik sebelum maupun sesudah bertugas.

Kinerja suatu karyawan dapat meningkat jika seorang atasan memperlakukan dengan baik, seperti pemimpin yang selalu memberi motivasi. Karena apresiasi bukan hanya berupa materi saja, dengan hanya pujian atau motivasi dari atasan kepada bawahan itu juga apresiasi. ”Banyak cara yang saya lakukan untuk memotivasi karryawan –karyawan saya jika sedang malas bekerja, cukup dengan menepuk pundak dan berkata ‘ kamu hebat, ayo semangat’ itu sudah dapat merubah kinerja mereka menjadi lebih produktif. Oh ya, jangan lupa beri senyuman” ujar pak Ridwan.

  • Nama Kelompok:
  1. Ajeng Tria Saputri
  2. Ayunda Rahdini
  3. Maghvira Kasminingrum
  4. Sonya Nabila
  5. Yulinar Sari
  • Kelas : 3ID01

Post Your Thoughts


6 × sembilan =