Wawancara Mengenai Struktur Organisasi Rumah Sakit Paru dr. M. Goenawan Partowidigdo Cisarua bersama Ibu Roro Rokaidah

Kami mahasiswi Universitas Gunadarma Fakultas Teknologi Industri Jurusan Teknik Industri angkatan tahun 2014 dengan anggota kelompok Aryn Damayanti (31414717) dan Bella Nurul Hidayat (32414113) kelas 3ID02 melakukan wawancara untuk mengetahui struktur organisasi pada sebuah organisasi dan mengetahui kinerja seorang pemimpin.

Wawancara yang dilakukan kali ini terhadap Ibu Roro Rokaidah sebagai sekretaris di Satuan Pemeriksaan Intern. Ibu Roro sudah bekerja di Rumah Sakit Paru dr. M. Goenawan Partowidigdo Cisarua selama 31 tahun. Selama 31 tahun tersebut sudah berpindah pindah divisi, saat ini ibu Roro sedang mengetuai Pokja SPI penguatan pengawasan dan tim pencegahan fraud jkn, beliau juga sempat menjadi kepala ruangan poliklinik selama 3 tahun dan kepala seksi rawat inap selama 3 tahun. Sebagai seorang pemimpin Ibu Roro menerapkan kebijakan untuk mencapai target organisasi dengan disiplin dari kedatangan kerja, jam pulang dan ketepatan penyampaian laporan. Bila tidak mencapai target tersebut akan dikenakan punishment dan jika mencapai target tersebut pekerja aka mendapatkan reward. Contoh punishment yang diberikan adalah pemotonga ramunerasi dan diberikan waktu tambahan 30 menit untuk keterlambatan.

Sebagai pemimpin selain menerapkan punishment dan reward Ibu roro melakukan pendekatan secara emosional dengan staff agar mengurangi gap antara atasan dan bawahan sehingga staff akan mudah mengikuti kebijakan yang diberikan. Kesan pesan Ibu Roro selama menjadi pemimpin adalah ternyata menerapkan manajemen itu tidaklah mudah karena karakter setiap orang berbeda beda sehingga tidaklah mudah menerapkan kebijakan dari orang satu keorang yang lainnya.

Rumah Sakit RSPG menganut sistem struktur organisasi fungsional dengan struktur organisasi sebagai berikut,

Post Your Thoughts


− dua = 7