Organisasi dan Manajemen Pada Rumah Makan Pecel Lele Lela

Organisasi menurut Chester I. Bernard adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Struktur organisasi perusahaan adalah sebuah garis hirearki (bertingkat) yang mendeskripsikan komponen-komponen yang menyusun perusahaan dimana setiap individu yang berada pada lingkup perusahaan tersebut memiliki posisi dan fungsi masing-masing. Manajemen adalahsuatu seni mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan utama dalam suatu organisasi melalui proses perencanaan, pengorganisasian, dan mengelola sumber daya manusai dengan cara yang efektif dan efisien

Roda perusahaan dapat bergerak secara efektif dan efisien, jika setiap komponen dalam perusahaan tersebut berfungsi secara optimal. Oleh karena itu pimpinan perusahaan harus berupaya untuk membagi tugas dan menempatkan semua sumber daya perusahaan, khususnya  SDM, dalam posisi yang tepat sesuai bidang keahlian masing-masing. Tak terkecuali usaha rumah makan pecel lele lela yang memiliki slogan “Bersama Kami Pecel Lele Telah Mendunia”.

Usaha rumah makan ini bermula ketika tahun 2006 sang owner Rangga umara mengembangkan ide usaha makanan. Dimana beliau memilih pecel lele karena merupakan makanan yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Ditambah lagi bahan baku lele itu sendiri mudah didapat dan penjualannya sangat tinggi. Pecel lele lela saat ini telah memiliki 65 outlet di Indonesia. Untuk menjalankan usaha tersebut diperlukan perencanaan organisasi dan manajemen perusahaan yang tepat, maka diperlukanlah struktur organisasi, job spesification, dan job desk untuk setiap karyawan, bentuk reward dan punishment bagi karyawan.

 

Struktur Organisasi Pada Rumah Makan Pecel Lele Lela

Struktur organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Rumah makan Pecel Lele Lela menerapkan struktur organisasi fungsional yaitu struktur organisasi yang susunannya berdasarkan atas fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi tersebut. Berikut adalah struktur organisasi rumah makan pecel lele lela yang terdapat di Jl. Margonda Raya, Depok.

 photo so lele_zpsylrrhf2f.png

Manajemen puncak dari pecel lele lela berada di tangan owner yamg dibantu oleh manajer area 65 otlet pecel lele lela yang tersebar di Indonesia, manajer area didampingi oleh asisten manajer dan juga memiliki supervisor untuk setiap outlet yang ada, dibawah supervior terdapat leader yang memiliki tugas menangani aspek karyawan pada setiap outlet. Leader membawahi staf pembukuan, staf pergudangan, Chef, Kasir, dan Pelayan. Berdasarkan struktur organisasi tersebut dapat membantu karyawan dalam menjalankan tugasnya terutama ketika terjadi permasalahan-permasalahan terkait dengan operasional rumah makan karena setiap karyawan dapat mengetahui jalur pengaduan yang tepat mengenai setiap permasalahan yang dihadapi.

 

Job Description  Pada Rumah Makan Pecel Lele Lela

Setelah diketahui mengenai struktur organisasi yang ada pada rumah makan pecel lele lela selanjutnya adalah mengenai job description setiap karyawan atau pelaku organisasi pada rumah makan pecel lele lela. Secara khusus job description dapat diartikan suatu perangkat yang sangat penting untuk dapat memberikan gambaran dan kejelasan tugas, tanggung jawab serta wewenang, baik untuk dipedomani oleh karyawan dalam pelaksanaan tugas maupun bagi para atasan untuk pembagian tugas bagi bawahannya. Terdiri dari 22 karyawan pada cabang margonda, Depok. Setiap anggota struktur organisasi memiliki job description masing-masing. Berikut adalah job description masing-masing anggota struktur rumah makan Pecel Lele Lela:

  1. Owner            

Sebagai koordinator, komunikator, pengambil keputusan, pemimpin, pengelola dan eksekutor dalam menjalankan dan memimpin tempat usaha Pecel Lele Lela.

  1. Manager Area

Membuat konsep rencana bulanan untuk pemasukan dan pengeluaran tempat usaha Pecel Lele Lela yang akan dilaporkan kepada owner dikarenakan setiap bulannya permintaan konsumen memiliki fluktuasi yang berbeda-beda.

  1. Asisten Manager

Memiliki tugas dalam perekrutan karyawan, mengatur keuangan seperti pemasukan dan pengeluaran keuangan, mengatur efisiensi dan disiplin karyawan.

  1. Supervisor

Mengatur operasional dan menata karyawan dalam melakukan pekerjaan.

  1. Leader

Bertugas khusus dalam menangani karyawan seperti memberlakukan jam masuk dan pulang karyawan dan lain-lain.

  1. Staff

Karyawan yang bekerja sesuai dengan perintah leader dalam menjalankan tugas-tugasnya. Terdiri dari 5 jenis staff :

  1. Chef : Menyajikan pesanan produk makanan yang dipesan oleh
  2. Pergudangan : Merencanakan pesanan dan pembelian bahan baku, mengurus keperluan inventori, dan mengadakan kebutuhan yang diperlukan oleh tempat usaha Pecel Lele Lela
  3. Pembukuan : Melaporkan kegiatan yang terjadi di tempat usaha Pecel Lele Lela dalam sebulannya untuk kegiatan evaluasi.
  4. Kasir : Melayani pembayaran akan suatu produk
  5. Pelayan : Menyajikan pelayanan berupa pengantaran produk, penerimaan pesanan, menjaga kebersihan di sekitar tempat usaha dan lain sebagainya.

 

Job Spesification Pada Rumah Makan Pecel Lela

Job specification (spesifikasi pekerjaan) adalah suatu pernyataan tertulis mengenai kualifikasi dan karakteristik yang dibutuhkan untuk pekerjaan menurut pendidikan, keterampilan, dan pengalaman. Tempat usaha Pecel Lele Lela tidak memerlukan keahlian khusus dalam perekrutan karyawan di Pecel Lele Lela. Setiap pekerjaan sudah ada SOP nya jadi karyawan hanya mengikuti aturan jobnya saja. Namun, khusus untuk bagian keuangan maka karyawan tersebut harus menguasai ilmu tata buku.Pendidikan sarjana tidak diperlukan dalam perekrutan. Satu hal yang terpenting yang wajib dimiliki calon karyawan di Pecel Lele Lela adalah sifat kejujuran.

 

Sistem Penggajian Pada Rumah Makan Pecel Lele Lela

Sistem penggajian di rumah makan Pecel lele lela memiliki variasi walaupun jabatan dan tugasnya setara. Hal yang mendasari variasi atau perbedaan tersebut adalah masa kerja dan tingkatan jabatan karena setiap jabatan memiliki beban kerja yang berbeda-beda. Semakin lama karyawan tersebut bekerja maka semakin tinggi pula gaji yang diperoleh. Penggajian karyawan oleh Pecel Lele Lela juga mengacu pada Departemen tenaga kerja.  Gaji yang diberikan yaitu terdiri dari 3 macam bagian yang kemudian disatukan dan dibayarkan tiap bulannya. Pembagian tersebut diantaranya :

  1. Gaji pokok
  2. Uang Makan
  3. Uang tunjangan

 

Reward & Punishment  Pada Rumah Makan Pecel Lele Lela

Reward dan punishment merupakan suatu konsep yang dikembangkan dari suatu konsep manajemen sumber daya manusia, terutama ditujukan dalam rangka memotivasi seseorang untuk melakukan kebaikan dan meningkatkan prestasinya. Sanksi serta penghargaan juga berperan penting dalam memberikan variasi penggajian di rumah makan Pecel Lele Lela. Tingkat gaji dapat dinaikan jika karyawan memiliki prestasi dalam hal loyalitas. Karyawan dengan loyalitas tinggi dijadikan motivasi untuk lebih membangun tempat usaha ke arah yang lebih baik. Sedangkan sanksi diberikan jika tugas dan job description yang diberikan kepada masing-masing tidak dilaksanakan dengan baik. Sanksi yang diberikan pun beragam yaitu berupa teguran, skorsing, serta yang paling berat yaitu pemecatan.

 

 

Post Your Thoughts


− lima = 3