Kepoin Organisasi dan Manejemen Sekjen Demokrat

Suasana malam kota jakarta yang hiruk pikuk tidak membuat wawancara antara repoter kami dan pemuda ini menjadi terganggu. Keramahan yang diciptakan oleh Redo selaku reporter membuat suasana menjadi cair. Rasa letih akibat aktivitas yang dilakukan seharian pun menjadi tidak berarti.

Pemuda yang memiliki latar belakang pendidikan hukum ini adalah Plantino Fransiscus Sianturi, S.H. Beliau merupakan salah satu pemuda yang di rekrut oleh Sekjen Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat untuk menjadi bagian dalam tim staff ahlinya. Rasa bangga menjadi bagian dari salah satu partai politik ternama di Indonesia membuat Plantino mau menceritakan sejarah berdirinya organisasi tempat ia bekerja sekarang ini.

Tim Kesekretariat Jendral dipimpin langsung oleh seorang Sekretaris Jendral dan dipilih selama 5 tahun sekali dalam Kongres Partai Demokrat. Sekretaris Jendral untuk periode 2015-2020 saat ini di isi oleh Dr. Hinca IP Pandjaitan XIII, SH, MH, ACCS. Satu tahun setelah dilantik, beliau merekrut anak-anak muda untuk mengisi jabatan-jabatan staff ahlinya.  Saat ini ada 5 orang yang telah bergabung dalam tim tersebut, dimana 4 orang diantara berada pada rentang usia yang terbilang sangat muda, yakni sekitar 20 hingga 22 tahun.

Pembagian tugas antar karyawan pun terbilang tidak sulit, mengingat setiap orang memiliki basic skill yang berbeda-beda, sesuai dengan pendidikan yang pernah ditekuni. Job desk yang diberikan nantinya akan di pertanggung jawabkan pada rapat evaluasi yang rutin dilakukan setiap bulan. Bekerja secara tim membuat komunikasi antar karyawan tidaklah sulit. “Tidak ada yang di atas dan tidak ada yang dibawah. Kami bekerja secara bersama-sama.”, ujar Plantino.

Berbeda dengan antar karyawan, komunikasi antara karyawan dan pimpinan memiliki mekanisme tertentu. Hal-hal yang dirasa tidak perlu diselesaikan oleh pimpinan tentunya akan diselesaikan sendiri, namun tentunya dengan persetujuan dari pimpinan. Persetujuan tersebut juga terkadang dilakukan via email ataupun handphone, karena jadwal Sekjen selaku pimpinan terbilang cukup padat. Maka, setiap karyawannya bekerja secara inisiatif dan memahami apa yang menjadi keinginan dari pimpinan.

Ketua : Apransiska

Editor : Panggabean Grealda Irene

Reporter : Redo Parsaoran Siregar

Layouter : Rio Samuel Butarbutar

 

 

 

Post Your Thoughts


3 × delapan =