Pandangan Ormas Pemuda Pancasila dalam Penerapan Sila kelima di Masyarakat

Sila kelima menunjukan bahwa setiap Masyarakat Indonesia menyadari hak dan kewajiban yang sama untuk menuju tujuan yang sama yaitu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, isi Sila tersebut untuk kesejahteraan Rakyat Indonesia. Keadilan sosial memiliki unsur pemerataan, persamaan dan kebebasaan. Dimana Pancasila diterapkan dan diawasi oleh Organisasi Pemuda Pancasila.

Organisasi Pemuda Pancasila berlokasi di Posko PP Jl. Raya Kalimulya Kota Depok. Organisasi ini di Ketuai oleh Kakak Rudi, sedangkan Kakak Bagol dan Kakak Ongen sebagai Sekretariat HUMAS. Sesuai azas dan dasar, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sedangkan organisasi ini bertujuan untuk melestarikan NKRI dan mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera materiil dan spiritual berazaskan Pancasila dan UUD 1945.

Terhadap penerapan Pancasila di Masyarakat pada Sila kelima, bahkan kak Ongen menyampaikan bahwa “Masalah Gayus sebagainya itu, memang itu ada tindakannya.”, kak Bogol pun menambahkan bahwa “Segala sesuatu bisa dirapikan, kita berdasarkan Pancasila.” dan menjelaskan bahwa adanya berpendapat istilah ini bukan untuk memberontak dan lain-lain.

Pancasila merupakan Ideologi Bangsa kita, namun dalam penerapan pada Sila kelima Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia masih belum terlaksana sepenuhnya di Masyarakat Indonesia dan keadilan itu belum merata, kalau ternyata keadilan sudah merata mengkin Rakyat Indonesia. Jadi cita-cita Republik Indonesia belum terwujud pada Pancasila Sila kelima. Maka marilah kita wujudkan cita-cita Bangsa Indonesia yang belum tercapai ini.

Post Your Thoughts


9 + lima =