Jajanan Fenomenal, Tahu Bulat

Tahu bulat digoreng dadakan 500 perak” begitu suara yang keluar dari speaker mobil bak terbuka penjual tahu bulat yang akrab ditelinga masyarakat. Tahu yang bentuknya bulat seperti namanya ini biasa dijual dengan harga Rp.500 perbutirnya dan digoreng saat itu juga diatas mobil bak terbuka, karena itulah disebut dengan “Digoreng dadakan”.

Dari hasil wawancara kami dengan pedagang tahu bulat asli ciamis yang biasa berkeliling di daerah Kelapa Dua, Margonda, dan sekitarnya kami mendapatkan beberapa informasi. Ternyata tahu bulat sudah mulai dijual secara berkeliling dengan mobil bak terbuka seperti sekarang ini sejak tahun 2012 silam, namun belum ramai pembeli seperti sekarang ini. Pada tahun 2012 tahu bulat keliling ini mulai dijual di daerah Kranggan Jakarta Timur, lalu meluas ke Sukmajaya Depok, dan akhirnya sampai ke daerah Margonda dan sekitarnya.

Tahu bulat yang dijual didapatkan dari distributor di ciamis, karena itu disebut tahu bulat asli ciamis. Mobil bak terbuka ini biasanya mulai berkeliling dari jam 11 pagi sampai tahu yang dibawa terjual habis. Setiap hari biasanya mereka bisa menjual hingga 3600 butir tahu bulat, tergantung dari berapa yang pemimpin mereka berikan. Beruntung 3600 butir tahu itu selalu habis setiap harinya. Para pedagang tahu bulat merasa senang berjualan tahu bulat dengan cara berkeliling diatas mobil bak terbuka seperti ini, karena menurut mereka selain pekerjaan yang tidak terlalu berat dan cukup simpel, mereka juga dapat menambah wawasan tentang Kota Depok dan sekitarnya.

Dari wawancara yg sudah kami lakukan, kami juga mendapatkan informasi mengenai biaya yang harus dikeluarkan. Selain tahu bulat mentah seharga Rp 150 perbutirnya yang berarti Rp 540.000 untuk 3600 butir, ada pengeluaran lain seperti minyak goreng yang dalam sehari diperlukan 12 liter dengan harga Rp 252.000, plastik seharga Rp 10.000 per pak nya, bumbu-bumbu Rp 40.000, gas  untuk bahan bakar menggoreng tahu bulat seharga Rp 32.000 ,bensin untuk bahan bakar mobil disatukan dengan konsumsi untuk pedagang yg berkeliling sebesar Rp 120.000 dikalikan 3 orang menjadi Rp 360.000. Setelah dilakukan perhitungan ternyata biaya perhari untuk menjual 3600 butir tahu bulat siap santap adalah Rp 1.234.000. Tahu bulat yang dijual Rp. 500 perbutir itu dapat menghasilkan keuntungan Rp. 157 perbutirnya, yang berarti keuntungan untuk sehari dengan tahu bulat yang berjumlah 3600 adalah Rp 566.000. Keuntungan sebesar itu dihasilkan dari 1 mobil bak terbuka yang berkeliling, dan biasanya pemilik memiliki beberapa mobil untuk berkeliling menajajakan tahu bulatnya, yang berarti jika saja ia memiliki 4 mobil untuk berjualan ia sudah mengantongi keuntungan sebesar Rp 2.264.000 perharinya, cukup menguntungkan bukan?

 

 

Amalia Nur Fajrina, Cinta Jennia Renanda, Dwi Rahmawati Agustin, Indra Hermawan

 

Post Your Thoughts


× enam = 48