Mengenal Usaha Tempe Tradisional Pak Sumanto

Siapa yang tidak kenal tempe? Masyarakat indonesia tidak lepas dari pangan yang satu ini. Beragam menu olahan tempe tidak terlewat dari menu harian setiap keluarga indonesia. Walaupun ada lauk lain, tempe tetap menjadi pelengkap yang sempurna. Banyak alasan yang membuat orang-orang menyukai tempe. Selain rasa yang enak serta harga yang murah, alasan lain mengapa tempe amat digemari masyarakat indonesia yaitu karena tingginya kandungan gizi tempe.

Kecintaan masyarakat indonesia terhadap tempe memunculkan usaha-usaha pembuatan tempe untuk memenuhi tingginya permintaan pasar. Salah satunya adalah pabrik tempe milik bapak sumanto. Pabrik tempe yang berlokasi di jalan nangka, kranggan ini sudah dibangun sejak tahun 2010. Bapak Sumanto yang awalnya berprofesi sebagai penjahit memutuskan untuk meneruskan usaha orang tuanya dalam membuat tempe dikarenakan saat itu kondisi kesehatan orang tua yang tidak baik. Usaha yang kini masih bertahan dijalankan oleh bapak Sumanto tidak selalu berjalan dengan mulus. Berbagai kendala kerap kali ia temui berkaitan dengan produksi tempe.

Usaha olahan tempe tradisional milik bapak Sumanto kini harus bersaing di tengah maraknya kemunculan produk makanan lain yang inovatif dan digemari masyarakat modern. Harapan bapak sumanto atas usaha miliknya ini agar terus berjalan untuk menghidupi kebutuhan keluarganya serta usaha tempe miliknya menjadi lebih baik lagi.

Berikut video mengenai usaha produksi tempe yang bapak Sumanto kelola:

 

Anggota kelompok:

Alya Raisa Faiza, Dhia Lulu Sumbada, Lailatul Fadhilla Rahmi, Syara Martianingrum, Yesi Octaviany

Post Your Thoughts


3 − = satu