Indonesia di Google Doodle

Google Doodle merupakan ilustrasi text, gambar, animasi, atau bentuk tampilan lainnya yang sering muncul di halaman depan Google. Google Doodle merupakan pengingat peristiwa, orang, atau obyek lainnya yang dinilai mempunyau nilai penting atau bernilai sejarah.

Konsep Google Doodle tersebut pertama kali muncul tahun 1998 ketika pendiri Google, Larry menaro gambar di belakang huruf “O” yang kedua pada kata “Google”. Dekorasi tambahan itulah yang menjadi inspirasi dibuatnya Google Doodle sampai saat ini.

Sampai saat ini, Google Doodle sudah mencapai 2000 buah, yang dapat diakses di www.google.com/doodles. Google membuat tim khusus untuk pembuatannya yang memcakup keahlian di bidang animator, disain grafis, ilustrator, atau seniman terlatih lainnya. Usulan tema Google Doodle bisa dari karyawan google, bahkan dari masyarakat. Jika kita punya ide obyek, peristiwa atau profil orang ternama, kita bisa mengajukannya via email ke proposals@google.com.

Peristiwa atau tokoh dari Indonesia yang pernah muncul di Google Doodle diantaranya adalah Hari Kemerdekaan, Hari Ibu, Hari Kartini, Hari Ayah, Hari Guru, Hari Guru, Hari Batik, Peringatan Monumen Nasional, dan Ki Hajar Dewantara. Berikut tampilan Google Doodle mengenai  Hari Kemerdekaan Indonesia tahun 2014 dan HUT Ki Hajar Dewantara tanggal Mei 2015.

HUT RI 2014 (sumber gambar: Google Doodle)

HUT RI 2014 (sumber gambar: Google Doodle)

 

HUT Ki Hajar Dewantara 2 Mei (sumber: google doodle 2 Mei 2015)

HUT Ki Hajar Dewantara 2 Mei (sumber: google doodle 2 Mei 2015)

There is one comment

Post Your Thoughts


8 × = lima puluh enam