Profil

Program Studi Teknik Elektro dalam penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran mengacu kepada mekanisme yang ditetapkan oleh Universitas, yaitu terdiri dari tahapan: (1) Evaluasi diri untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman berdasarkan kapasitas/kondisi Program Studi saat ini, (2) Analisis kapasitas SDM serta kualitas lulusan program studi untuk mengetahui arah pengembangan SDM dan kompetensi lulusan ke depan, (3) Analisis masukan dari pemangku kepentingan baik internal maupun ekternal, (4) Melakukan benchmarking terhadap beberapa referensi yang terkait pengembangan Visi, Misi  baik dari dalam maupun luar negeri, (5) Memperhatikan kondisi prasarana dan sarana serta memprediksi kebutuhan pengembangan prasarana dan sarana, (6) Memperkirakan pengembangan struktur organisasi untuk mengantisipasi pengembangan program studi sesuai dengan tuntuan pihak luar secara global.

 

Penyusunan visi dan misi tersebut mengacu kepada rencana strategis (Renstra) Universitas Gunadarma 2012 – 2016 serta mekanisme penyusunan Rencana Strategis berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 173.1/SK/REK/UG/2007 tahun 2007 tentang “Pedoman Penyusunan Rencana Strategis Satuan Kerja di Lingkungan Universias Gunadarma”, yang merupakan landasan kebijakan, orientasi dan pedoman dalam kegiatan pengembangan unit kerja. Keterlibatan berbagai pihak baik internal maupun eksternal dalam penyusunan visi dan misi merupakan hal yang utama dimana pihak-pihak tersebut memberikan masukan yang berharga untuk pengembangan. Pihak internal yang terlibat terdiri dari pejabat tinggi universitas, rektor beserta pembantu rektor, pejabat di tingkat fakultas, program studi, dosen serta tenaga kependidikan, sedangkan pihak eksternal terdiri dari pemangku kepentingan pengguna lulusan, industri, universitas partner, asosiasi profesi ataupun pakar. Keterlibatan pihak Industri dilakukan melalui kegiatan seminar uni-indstry collaboration yang dilakukan tiap semester, dimana perwakilan Industri menjelaskan dan memberi masukan tentang kebutuhan kualifikasi bidang Elektro yang dibutuhkan serta teknologi yang digunakan saat ini dan masa mendatang. Selain itu juga melibatkan lembaga pelatihan profesi bidang computer yang memberikan masukan untuk kualifikasi keahlian profesi yang dibutuhkan baik nasional maupun global.

 

Tahap awal penyusunan adalah memberikan kesempatan kepada pemangku kepentingan eksternal, yaitu alumni, pengguna lulusan dan mahasiswa untuk memberikan umpan balik terhadap proses pendidikan dan kualitas lulusan yang dilakukan melalui program tracer study yang dikelola oleh unit career center. Selain itu para pakar dan nara sumber juga dilibatkan untuk memberikan masukan dan evaluasi terhadap pelaksanaan program pendidikan di program studi Teknik Elektro yaitu salah satunya ketika mereka memberikan kuliah umum ataupun sebagai pembicara seminar ataupun dosen tamu. Kemudian dari masukan tersebut dihasilkan sebuah formulasi/draft visi, misi, tujuan dan sasaran yang kemudian didiskusikan kepada pimpinan fakultas untuk dibahas dalam rapat fakultas.

 

AKREDITASI 
 

Pada tanggal 23 Juni 2011 jurusan S1 Teknik Elektro mengajukan akreditasi dan berhasil mendapatkan akreditasi A berdasarkan SK 008/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VI/2011 nilai akreditasi berlaku selama 5 tahun.