Pusat Studi Agroteknologi dan Smart Farming

Pusat Studi Agroteknologi dan Smart Farming merupakan salah satu unit  di bawah Program studi Agroteknologi, Universitas Gunadarma. Pusat Studi Agroteknologi dan Smart Farming mewadahi, memfasilitasi dan fokus pada pembinaan, pengembangan pengetahuan, skill dan penelitian dosen. Aspek pembinaan dan pengembangan ini meliputi berbagai bidang yang ada di prodi Agroteknologi yang meliputi bidang Agronomi dan Hortikultura, Pemuliaan Tanaman dan Biotenologi Tanaman, Proteksi Tanaman, Ilmu Tanah, dan Kehutanan serta Smart Farming dan sangat terbuka lintas studi serta lembaga eksternal.

Smart Farming pada Prodi Agroteknologi Universitas Gunadarma merupakan pionir di Perguruan Tinggi di Indonesia. Smart Farming merupakan pengembangan Teknologi Ilmu Komputer sebagai tools dalam menyelesaikan permasalahan yang terdapat di bidang Pertanian. Pengembangan Smart Farming dengan teknologi komputer dapat menyelesaikan beberapa permasalahan pertanian secara cepat dan praktis, serta efisien dari segi waktu dan tenaga. Tentunya hal tersebut sangat membantu bagi kemajuan pertanian di Indonesia bahkan pertanian di dunia. Beberapa aktivitas yang akan dilakukan untuk mendukung pengembangan pengetahuan dan skill Dosen Agroteknologi di antaranya dengan memfasilitasi kebutuhan Dosen tersebut dengan menyelenggarakan kegiatan berupa pelatihan, workshop, serta pendelegasian Dosen ke luar untuk mengikuti aktivitas yang di selenggarakan oleh instansi atau lembaga yang berada di Dalam maupun Luar Negeri yang masih berkaitan dengan pertanian.

Tujuan

Pusat Studi Agroteknologi Universitas Gunadarma bertujuan meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan skill Dosen Prodi Agroteknologi sehingga menjadi Dosen berkompeten di bidang yang ditekuni, pada akhirnya mampu bersaing di luar.

Arah

Pusat Studi Agroteknologi Universitas Gunadarma mengarahkan Dosen Prodi Agroteknologi dengan topik riset terkini dalam melakukan riset baik pada pengusulan Hibah Dikti maupun Hibah LPDP, judul skripsi Mahasiswa, serta menginformasikan adanya Call for Paper yang diselenggarakan di Dalam maupun Luar Negeri.

Target Capaian

Untuk mengetahui adanya keberhasilan dari implementasi Rencana Kinerja Pusat Studi Agroteknologi, maka menetapkan target untuk masing indikator kinerja yang harus dicapai yang didasarkan pada pengembangan pengetahuan dan skill Dosen berupa tulisan yang di publikasikan pada prosiding nasional dan internasional, jurnal nasional dan internasional, serta buku ajar.

Kegiatan

A. Kegiatan Jangka Pendek

Kegiatan jangka pendek yang dilakukan oleh Pusat Studi Agroteknologi meliputi kegiatan pelatihan, workshop dan seminar.

B. Kegiatan Jangka Panjang

Kegiatan jangka panjang meliputi penerbitan artikel pada jurnal Agroteknologi dan Smart Farming dengan Lembaga penerbit Universitas Gunadarma. Ikut serta dalam program magang pada instansi atau lembaga pemerintah serta melakukan studi banding ke Luar Negeri.