Fasilitas

Fasilitas Perkuliahan terdiri dari: 
 
1. Peralatan Ruang Kuliah
 
Ruang kuliah dilengkapi dengan pendingin udara (AC), meja dan kursi, white board, spidol, OHP, proyektor. Ruang seminar dirancang kedap suara dan ditata dengan baik sehingga menimbulkan suasana akademik yang nyaman. Ruang ini dilengkapi dengan meja dan kursi, white board, proyektor dan layarnya, TV, video. Ruang sidang dilengkapi dengan sebuah meja panjang dan besar serta beberapa kursi yang diatur melingkar di sekitar meja, selain ituterdapat juga white board, OHP, proyektor dan komputer, yang disediakan untuk keperluan rapat, kuliah dan ujian tugas akhir.
 
 
2. Peralatan Kantor
 
Aktivitas administrasi dan perkuliahan program studi di Universitas Gunadarma dilakukan di gedung dekat dengan lokasi perkuliahan milik Universitas Gunadarma. Setiap ruangan dilengkapi dengan perabotan dan perlengkapan yang lengkap dan modern, dan semuanya dalam kondisi terawat baik. Setiap ruang kerja dilengkapi dengan meja dan kursi, komputer, printer, telepon, fax filing kabinet dan lemari buku. 
 
 
3. Bahan Pustakan dan Sarana Lainnya
 
Secara fisik perpustakaan dibuka pukul 08.00 wib dan ditutup pukul 15.00 wib, dan akses dapat dilakukan secara elektronik. Perpustakaan terbuka untuk dikunjungi oleh para dosen serta para mahasiswa. Perpustakaan dilengkapi dengan ruang baca yang nyaman sehingga pengunjung dapat berkonsentrasi membaca dengan baik. Selain itu disediakan juga beberapa unit komputer yang dilengkapi dengan Internet dan email serta printer. Untuk memudahkan pengunjung untuk mencari buku yang diperlukan, perpustakaan ini menyediakan on-line katalog dengan fasilitas pencarian berdasarkan judul buku dan nama pengarang. Buku dalam perpustakaan ditata rapi sedemikian rupa sehingga memudahkan pengunjung untuk menemukan buku yang dicari. Apabila para mahasiswa atau dosen membutuhkan buku atau jurnal yang belum tersedia di perpustakaan, mereka dapat menghubungi petugas perpustakaan dan sebisa mungkin petugas perpustakaan akan membantu untuk mendapatkannya dengan cara menghubungi perpustakaan lain dalam lingkungan Universitas Gunadarma atau membeli buku baru.
 
Perpustakaan juga memiliki akses dengan perpustakaan nasional, daerah dan perguruan tinggi lain serta beberapa institusi dan instansi tertentu, sehingga mahasiswa dapat melengkapi referensi yang diperlukannya dengan mudah. Untuk melengkapi isi perpustakaan, Universitas Gunadarma menjalin hubungan kerja sama dengan beberapa penerbit, seperti Gramedia, Erlangga, Prentice Hall, dan McGraw-Hill agar selalu memperoleh informasi tentang buku terbaru yang diterbitkan di dalam maupun di luar
negeri. Selain itu, dilakukan juga pembelian buku secara on-line melalui Internet. Pengadaan buku dan pemeliharaannya dibiayai oleh Yayasan Pendidikan Gunadarma.
 
Perpustakaan juga berlangganan surat kabar seperti Kompas, Jakarta Post, Times dan Bisnis Indonesia, tabloid seperti Kontan dan Investor, majalah seperti Swa, Info Komputer dan Info Bank.
Selain perpustakaan, para mahasiswa dan dosen dapat menggunakan fasilitas perpustakaan dalam lingkungan kampus Universitas Gunadarma lainnya. Mahasiswa juga dapat menggunakan perpustakaan audio visual, yang dilengkapi dengan peralatan televisi dan video pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan Universitas Gunadarma, pada saat ini sedang dikembangkan sistem perpustakaan terpadu (Gunadarma Central Library) yang dapat diakses lewat internet (e-library). Central Library ini merupakan salah satu ISS yang diselenggarakan menggunakan bantuan dana dari Asian Development Bank melalui proyek TPSDP Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
 
 
4. Peralatan Laboratorium
 
Seiring dengan misi program studi untuk memiliki laboratorium sistem tertanam dan jaringan komputer, maka untuk pencapaiannya yang ideal memenuhi kebutuhan para mahasiswa dan dosen, serta meningkatkan sumbangan akademisi bagi penelitian, telah dilakukan upaya untuk menyediakan laboratorium yang lengkap. Untuk meningkatkan mutu dan memperlancar proses belajar mengajar dan penelitian, para mahasiswa dan dosen dapat menggunakan beberapa laboratorium yang ada. Laboratorium yang ada selalu ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan. Untuk meningkatkan kualitas laboratorium, peningkatan mutu peralatan menjadi perhatian program. Program sarjana/fakultas menyediakan dana yang memadai untuk keperluan tersebut serta untuk keperluan pemeliharaan, agar peralatan terpelihara dengan baik.
 
Ruangan laboratorium sangat memenuhi standar keselamatan dan keamanan dan kenyamanan. Tenaga teknisi yang terampil selalu ada untuk mengatasi hal yang dirasa perlu perbaikan dan pemeliharaan. Selain itu ada perencanaan yang sangat baik dalam peningkatan dan penggantian peralatan sesuai dengan kebutuhan sekarang dan masa yang akan datang. Dilakukan juga penginventarisan peralatan secara rutin dan teratur dengan daftar prioritas.
 
 
5. Fasilitas Komputer
 
Sesuai dengan visi Universitas Gunadarma, kemajuan teknologi komputer harus diikuti oleh setiap mahasiswa Universitas Gunadarma termasuk mahasiswa Program Studi Agroteknologi Universitas Gunadarma. Oleh karena itu, berbagai laboratorium komputer mutakhir telah disediakan di lingkungan Universitas Gunadarma. Semua laboratorium tersebut dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa maupun dosen. Dosen dan mahasiswa dapat mengakses informasi tentang Gunadarma selama 24 jam. Ruang komputer dirancang secara teratur, rapi, dan nyaman.
 
Selain ketersediaan sarana dan prasarana, pendanaan untuk penyelenggarakan kegiatan akademik juga tersedia dengan sangat memadai. Alokasi penggunaan dana juga sudah diperhatikan oleh Universitas Gunadarma. Keikutsertaan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan akademik (seminar, simposium, kuliah umum, diskusi, dan pameran) bersifat partisipasi aktif. Seperti sudah dipaparkan sebelumnya, pihak insitusi memberikan insentif kepada dosen dan mahasiswa yang mengikuti publikasi nasional dan international sebagai penyaji. Kegiatan penelitian yang mendapatkan insentif tersebut diberikan kepada sekelompok dosen atau beberapa mahasiswa di bawah bimbingan dosen. Hal ini untuk mendorong interaksi antara sesama dosen atau antara dosen dengan mahasiswa.
 
Untuk meningkatkan mutu dan jumlah interaksi kegiatan akademik bagi dosen–mahasiswa dan sivitas akademika lainnya, maka pada setiap awal tahun akademik dilaksanakan orientasi studi mahasiswa baru. Orientasi Studi dilakukan oleh pihak universitas bekerjasama dengan fakultas. Pada masa orientasi tersebut para mahasiswa diperkenalkan tentang hak dan kewajiban mahasiswa, kiat belajar di perguruan tinggi dan etika berperilaku yang berlaku di lingkungan Universitas. Pada kesempatan orientasi mahasiswa juga diadakan kuliah perdana yang sifatnya pengantar diadakan untuk mahasiswa baru. Kuliah umum juga dihadiri oleh dosen fakultas.
 
Kegiatan interaksi antara dosen dan mahasiswa juga difasilitas melalui student digital locker (http://studentsite.gunadarma.ac.id) dan lecturer digital locker (http://staffsite.gunadarma.ac.id). Kedua fasilitas media komunikasi berbasis web tersebut dilengkapi dengan forum diskusi atau milis yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung upaya peningkatan suasana akademis yaitu dengan interaksi atau komunikasi antara dosen dan mahasiswa. Setiap dosen dapat memanfaatkan fitur “student locker” di http://staffsite.gunadarma.ac.id untuk memberikan informasi di luar kelas kepada setiap mahasiswa atau per kelas. Sedangkan dari sisi mahasiswa, mereka dapat mengetahui informasi dari dosen di luar kelas melalui fitur “lecture message” di http://studentsite.gunadarma.ac.id